Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan
untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada
mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif
berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk
banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat
seperti slide rule, jenis kalkulator
mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang
kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer”
adalah “yang mengolah informasi” atau “sistem pengolah informasi.” Selama
bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata “komputer”, dan
beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan
orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu.
Menurut Barnhart Concise Dictionary of
Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata
untuk “orang yang menghitung” kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai
“alat hitung mekanis”. Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada
para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung
jalan artileri perang dengan mesin hitung.Charles Babbage mendesain salah satu
mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat
mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat
dikatakan sebagai komputer.
Sekalipun demikian,
definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan
satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat
mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat menghitung yang
lebih awal ialah bahwa, dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat
mengemulasi sifat apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas
penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin
sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita ciptakan di masa depan
(meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini
adalah tes yang berguna karena mengenali komputer “maksud umum” dari alat
maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari “maksud umum” bisa
diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin
Turing universal. Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai
Turing-lengkap, dan yang pertama mereka muncul pada tahun 1940 di tengah
kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran
untuk lebih banyak detail periode ini.
Komputer benam
Pada sekitar 20 tahun ,
banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi
juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video, PDA dan banyak sekali dalam
rumahtangga, industri, otomotif, dan alat elektronik lain, semua berisi sirkuit
elektronik yang seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas
(dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung
di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin).
Komputer maksud khusus lainnya secara umum dikenal sebagai “mikrokontroler”
atau “komputer benam” (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yang
membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan
informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti
telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai
maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama,
minikomputer, dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang
mendapat definisi ini.
Komputer pribadi
Komputer pribadi atau
personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer yang dikenal dan diketahui
orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer
lainnya. Hanya orang-orang tertentu saaja yang memakai istilah ini secara
eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih spesifik dan tepat.
Bagaimana komputer bekerja
Saat teknologi yang
dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis sejak komputer
pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk
lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von
Neumann, yang diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann.Arsitektur Von
Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan
Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif
dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus modul memori RAMDi
sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti “sel” atau “lubang
burung dara”), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini
mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus
dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan
suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang
menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai
bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan
dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah
angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka
desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan.
Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara,
video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu
sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa
ditulis kembali lebih jutaan kali – memori dapat diumpamakan sebagai papan
tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis
dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran masing-masing sel,
dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi
dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat – dari relay elektromekanik,
ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik
terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit
terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
Pemrosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan,
melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system
komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti
input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan. Contoh
sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan
menunjukkan kaki-kakinya.
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit
Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern,
kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC – Integrated Circuit),
yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat
yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan,
pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan
perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan).
Pada unit inilah dilakukan “kerja” yang nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer,
memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari
memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan
kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol
pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali
kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer
bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).
Masukan dan hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh
hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik
(softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan
disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, pencetak,
pemindai, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode
(mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih
lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam
informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini,
sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi.
Komputer hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang
dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah
“menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456″, “menambahkan isi sel 666
ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013″, dan “jika isi sel 999 adalah 0,
perintah berikutnya anda di sel 345″.
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor – kode untuk “menyalin”
mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung
oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam
praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara
langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman “tingkat tinggi”
yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program
komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman
berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat
rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak
yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit
terpadu yang dikenal sebagai Unit Pemroses Sentral atau CPU. Biasanya, memori
komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat UPS.
Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary
sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal
utama – mereka mempunyai beberapa UPS dan unit kontrol yang bekerja secara
bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk
maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan
dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer
mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan,
dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer
dimatikan.
Program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh
komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi
jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah
komputer pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3
miliar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa
mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka
melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, pemrogram.
“Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa
(misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu
tersedia kepada programmer lain.” Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya
melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai tugas
ganda. Pada kenyataannya, UPS melakukan perintah dari satu program, kemudian
setelah beberapa saat, UPS beralih ke program kedua dan melakukan beberapa
perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan
waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan
secara bersamaan dengan memberikan waktu UPS di antara program. Ini mirip
bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi
adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem operasi
Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna.
Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam
program komputer, setelah bertahun-tahun, pemrogram akhirnya menmindahkannya ke
dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat
yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga
memberikan servis kepada program lain, seperti kode (penggerak) yang
membolehkan pemrogram untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui
detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
Penggunaan komputer
Komputer digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Komputer di masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan Hidroelektrik besar. Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.
Komputer digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Komputer di masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan Hidroelektrik besar. Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk
mengotomasikan banyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya
dikerjakan oleh manusia – misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan
inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai
komputer untuk analisa mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat mereka
dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan
pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan
tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan
besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai
perkebunan server.
Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan
komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk
menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain
berulang matematika dengan lembatang sebar, berhubungan dengan e-pos dan,
Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah
melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.
Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan mengatur memrogram, mulai
menemukan cara mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil,
pesawat terbang, dan perlengkapan industri. Yang ini prosesor benam menguasai
kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang
lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci rem di mobil). Saat
abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik, kebanyakan bentuk
angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi pabrik dikuasai di samping
komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus.
Bagian-bagian komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan
perangkat keras (hardware).
Perangkat keras
·
Pemroses atau CPU sebagai unit yang mengolah data
·
Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
·
Hard drive, media penyimpanan semi permanen
·
Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan
data untuk diproses oleh UPS, seperti mouse, keyboard, dan tablet
·
Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk
menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer
Perangkat lunak
Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
Slot pada komputer
·
ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
·
AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
·
IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
·
USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya
perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar