Menangani telepon internal dan
eksternal diperusahaan
1. Menangani Telepon Internal dan
Eksternal Fitriyah (06) XII Administrasi Perkantoran 2
2. Etika Panggilan Keluar Etika
Panggilan Masuk Langkah-langkah Panggilan Keluar Langkah-langkah Panggilan
Masuk Kesimpulan
3. Etika Berbicara Ketika Melakukan
Panggilan Keluar • Ucapkan salam. • Sebutkan identitas diri dan perusahaan. •
Utarakan maksud yang ingin disampaikan dengan santun. • Ucapkan terima kasih.
Back
4. Etika Berbicara Ketika Menerima
Panggilan Telepon Masuk Ucapkan salam dan sebutkan identitas diri dan nama
perusahaan. Hindari mengangkat telepon lebih dari tiga kali dering. Tanyakan
identitas penelpon dan keperluannya. Mintalah waktu untuk menyambungkan dengan
orang yang dituju penelpon. Sampaikan orang yang dituju penelpon bahwa ada yang
ingin bicara dengannya. Berbicara dipesawat telepon harus terdengar
menyenangkan bagi lawan bicara. Simak isi pembicaraan dengan seksama dan penuh
perhatian. Hindari penggunaan kata “apa” atau “hah” jika ada kata-kata penelpon
yang kurang jelas. Back
5. Langkah-langkah Melakukan Panggilan
Keluar • Siapkan alat tulis dan buku catatan (block note). • Angkat gagang
telepon dan tekan nomor telepon yang akan dituju. • Dengarkan nada panggil. •
Setelah terhubung, ucapkan salam dan identitas diri serta nama perusahaan. •
Apabila pembicaraan telah selesai, tutuplah pembicaraan dengan ucapan terima
kasih dan salam penutup. • Letakkan gagang telepon dengan perlahan. Back
6. Langkah-langkah Menerima Panggilan
Telepon Masuk 1. Siapkan alat tulis dan Lembar Pesan Telepon (LPT). 2. Jangan
biarkan telepon berdering lebih dari tiga kali. 3. Angkat gagang telepon,
ucapkan salam lalu sebutkan nama perusahaan dan tawarkan bantuan. 4. Akhiri
pembicaraan dengan salam penutup. Back
7. Kesimpulan Seorang sekretaris harus
bersikap ramah, berpenampilan menarik, dan terampil dalam berkomunikasi. Selain
itu suara yang dipancarkan melalui telepon juga dapat menilai apakah sekretaris
itu orang yang ramah atau tidak, dan apakah melayani dengan senang atau sedih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar