SLIDE 1
PRESENTASI
CARA MENANGANI TELEPON
OLEH
KRISNA
RISTANTI
XII AP1/19
Cara
menangani
Telepon
Sikap dalam
pelanyanan efektif yang perlu diperhatikan sebagai seorang penerima telepon
Tata cara
menerima telepon yang baik
Etika dan
Tata Cara Menangani Telepon Keluar
PENUTUP
SLIDE 2
Cara
menangani telepon ada dua macam yaitu:
1. Respon untuk panggilan (incoming calls)
2. Melakukan panggilan (outgoing calls)
1. Respon untuk panggilan (incoming calls)
2. Melakukan panggilan (outgoing calls)
SLIDE 3
sikap dalam pelanyanan efektif sebagai seorang penerima telepon
yang perlu diperhatikan adalah 7C yaitu:
1. Caring
Memperhatikan, mendengarkan dan mencatat masalah konsumen atau penelepon
2. Commited
Merasa terikat dengan organisasi,tidak melemparkan permasalahan kepada orang lain dengan alasan bukan tugas atau urusan pribadi
3. Confident
Penuh keyakinan dalam mengatasi masalah.
4. Considetate
Bersahabat, menolong, dan mengerti emosi penelepon
5. Controlled
Tidak terbawa emosi pada saat penelepon mengungkapkan kekecewaan ( marah )
6. Creative
Mampu menemukancara - cara yang baik dalam menerima telepon
7. Contagious
Besikap gembira,antusias, sejuk, damai pada penelepon.
1. Caring
Memperhatikan, mendengarkan dan mencatat masalah konsumen atau penelepon
2. Commited
Merasa terikat dengan organisasi,tidak melemparkan permasalahan kepada orang lain dengan alasan bukan tugas atau urusan pribadi
3. Confident
Penuh keyakinan dalam mengatasi masalah.
4. Considetate
Bersahabat, menolong, dan mengerti emosi penelepon
5. Controlled
Tidak terbawa emosi pada saat penelepon mengungkapkan kekecewaan ( marah )
6. Creative
Mampu menemukancara - cara yang baik dalam menerima telepon
7. Contagious
Besikap gembira,antusias, sejuk, damai pada penelepon.
SLIDE 4
TATA CARA
MENERIMA TELEPON YANG BAIK
a.Begitu
telepon berdering, sekretaris harus sekretaris segera mengangkat. Telepon,
jangan biarkan telepon berdering lebih dari 3 kali.
b. Angkat
telepon dengan tangan kiri dan tangan kanan memegang alat tulis dan block note.
c. Menjawab
telepon hendaknya singkat, jelas, dan sopan. Ucapkan salam misalnya : “Selamat
pagi, PT Mahakam Trade”. Hindari
penggunaan kata “Halo”.
d. Mencatat
segala pesan atau permintaan penelepon dengan penuh perhatian
e. Bila
perlu, sekretaris dapat meminta penelepon agar mengeja kata-kata asing atau
nama yang sulit.
f. Nomor-nomor
telepon, angka-angka, dan pesan-pesan penting harus diulang agar dapat dicek
kebenarannya.
g. Menutup
telepon setelah penelepon memutuskan hubungan terlebih dahulu.
SLIDE 5
Etika dan
Tata Cara Menangani Telepon Keluar
Etika
Berbicara Ketika
Melakukan
Panggilan Keluar
a. Ucapkan
salam.
b. Sebutkan
identitas diri dan perusahaan.
c. Utarakan
maksud yang ingin disampaikan dengan santun.
d. Ucapkan
terima kasih.
Tata cara
menangani telepon keluar
1. Sebelum
menghubungi nomor telepon yang diinginkan, hendaknya sekretaris mencari atau
mencocokkan dengan buku telepon
2. Mencatat
semua pokok-pokok permasalahan yang akan disampaikan pada sebuah block note
3. Jika
salah sambung hendaknya segera minta maaf
4. Bila
hubungan sudah tersambung, sekretaris harus segera memperkenalkan diri dan
menyatakan maksud menelepon
5. Bila
selesai mengadakan pembicaraan, letakkan kembali gagang telepon dengan baik
makasih kakak :D
BalasHapusTerimakasih kakak
BalasHapus