Yang pernah Lihat ini

Kamis, 14 Agustus 2014

RISOGRAPH


Mesin Risograph
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSs90UAYsx2sHGOAm8Gb9YOI2f5odkwcNZnEcANI6rDv9UU1Ixn
 A.    PENGERTIAN RISOGRAPH
Mesin Duplicator Risograph adalah perangkat cetak multifungsi. Risograph dirancang untuk memindai (scanning), menyalin dan mencetak dalam jumlah besar dengan kecepatan tinggi. Risograph dapat mencetak hingga 120 halaman per menit dengan harga satuan lebih murah daripada mencetak dengan menggunakan printer inkjet atau printer laser-jet, maupun mesin fotokopi (photocopier) biasa.
Risograph adalah sistem bisnis percetakan dengan pencetakan digital berkecepatan tinggi diproduksi oleh Riso Kagaku Corporation dan dirancang untuk mencetak dengan kapasitas, volume dan kecepatan tinggi serupa mesin fotokopi dan dan mesin percetakan offset. Populernya, mesin Risograph lebih sering disebut sebagai RISO Printer-duplicator. Dapat digunakan sebagai mesin cetak individual ataupun dengan cara terkoneksi jaringan komputer (CTP,  Computer to Print). Di Indonesia, Riso Digital Duplicator sudah banyak dipakai oleh kalangan photocopy center, kantor pemerintahan, perbankan, lembaga sekolah dan universitas.

B.     CARA KERJA dan pengoperasian  MESIN RISOGRAPH
            Cara kerja mesin stensil :
Untuk membuat salinan, dokumen asli atau gambar harus discan dan diseting terlebih dahulu di mesin Riso. Kemudian mesin Risograph akan membuat master dengan membakar gambar ( dalam bentuk bintik-bintik kecil atau lubang ) ke piring termal. Master  ( plat ) ini membungkus di sekitar drum di mana tinta akan disemprotkan. Drum berputar pada kecepatan yang tinggi, sementara kertas berjalan melalui mesin, disinilah terjadinya proses penyetakan gambar pada kertas.
Cara pengoperasian  mesin risograph :
1.         Buatlah master cetakan dengan cara meletakkan dokumen asli ke area scanner pada mesin Risograph
2.       Setelah master selesai dibuat pastikan sample cetakan sudah sesuai dengan setingan yang diinginkan
3.       Masukkan kertas pada baki
4.        Mulai memproses cetakan dan jangan lupa atur kecepatan cetaknya

C.    BAGIAN-BAGIAN RISOGRAPH

1.MEJA PEMASUKAN     : - kertas yang ada di meja pemasukan akan di tarik oleh dua buah rol
                                             - scapper rol
                                             - pick up rol
2.PRINTING                      : -kertas akan melewati dua bagian yg akan melakukan proses cetak
                                             - bagian atas di sebut drum
                                             - bagian bawah di sebut press rol
3.MEJA PENGELUARAN  : - kertas akan keluar melewati meja ini dan akan di taril melalui belt
                                                     dan fan yg menghembuskan udara shingga cetakan cepat kering.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNvwES-6YmikfNtYPqCJ_bgOlvD-O1AVSzcHFnRVhIyBxivQ4llnZxwJi8yayR6yG_yh4P9cSfLLbIhzvlU9I9shSBPMKUh2IQzvN2NcGMjVtRy3FcchUR831bENX_NrPp5eCxOMB-go0/s1600/t.jpg
1) Tinta Riso yg digunakan sejenis pasta, terbuat dari bahan dasar kedelai (Soy oil), proses waktu         kering dikertas telah dirancang sedemikian rupa untuk tidak terlalu cepat atau terlalu lama untuk kering dan tidak ada efek samping bagi operator. Tinta dalam tube, bisa disimpan dalam jangka waktu lama, bahkan dalam kondisi terbuka juga tidak akan bisa mengering, sehingga aman disimpan sebagai stok jangka panjang, dan waterproof (anti air). Kapasitas tinta Riso 1 tube (800ml-1ltr) mampu mencetak 15.000 s/d 30.000 lbr, tergantung kualitas cetakan dan ukuran (maks. A-3).
2)Hampir seluruh jenis kertas (yang berpori dan tekstur, art-paper blm bisa) karena proses pengeringan tinta adalah penyerapan ke dalam pori-pori kertas. Jika sudah kering, akan waterproof. Ukuran maks. A-3, ketebalan kertas mulai 46 gsm s/d 210 gsm.
3) Sistem operasionalnya seperti mesin cetak offset atau mesin photocopy. Mesin bekerja seperti mesin cetak offset (menggunakan master, atau plate di  cetak offset, atau juga sheet di cetak stensil) proses pembuatan master secara digital (scanning atau langsung dieksekusi dari komputer), menempatkan master pada drum secara otomatis; proses ini memakan waktu sekitar 20 detik, dan siap cetak dengan kecepatan hingga 150lbr/mnt. Pengoperasiannya semudah mesin photocopy karena tinggal tekan tombol, semua beroperasi secara otomatis, makanya dari kalangan pengusaha fotokopi, mesin ini dijuluki mesin cetak super cepat.
4)Konsumsi listrik, saat loading, hanya sekian detik mulai 250 watt hingga 360 watt (tergantung type mesin Riso. Dan pada saat running maks. 250 watt. Ukurannya mungkin bisa sebanding seperti mesin fotokopi.

D.    MACAM-MACAM RISOGRAPH
1. RISO KAGAKU
2. RISOGRAPH
3. RISO DIGITAL
                                                                                                       
NAMA              :KRISNA RISTANTI
                                                                                    KELAS             : X AP1
                                                                                    NO.ABSEN       : 19


Tidak ada komentar:

Posting Komentar